Selasa, 30 April 2019

Pacuan Kuda Tradisional Bima, Kembali Digelar 06 - 14 Juli 2019

Pacuan Kuda Tradisional Bima, Photo by @Firna Interisti
Kabupaten Bima akan kembali menggelar Lomba Pacuan Kuda Tradisional di bulan Juli 2019 ini di Arena Pacuan Kuda Desa Panda Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. Event pacuan kuda ini dilakasanakan dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Bima yang ke 379 dan HUT Bhayangkara yang ke-73, serta tiga Tahun Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri, SE dan Drs. H. Dahlan M. Noor, yang dilabel sebagai KAPOLDA NTB CUP.

Pendaftaran  akan diadakan pada tanggal 30 Juni - 04 Juli 2019
Pengukuran  30 Juni - 04 Juli 2019
Babak Penyisihan  tanggal 06 - 11 Juli  2019
Babak Semi final tanggal 13 Juli 2019
Babak Final dan Penutupan tanggal 14 Juli 2019

Arena Pacuan Kuda Desa Panda Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima,
Photo by @Firna Interisti 


Lomba ini akan diikuti oleh kuda-kuda pacu terkenal dari seluruh Pulau Sumbawa, Pulau Lombok dan Juga dari Pulau Sumba dengan memperlombakan 14 kelas. Kelas-kelas yag dilombakan terdiri dari kelas TK, OA, OB, Tunas Harapan A, Tunas Harapan B, Tunas A, Tunas B, Tunas C, Dewasa A, Dewasa B, Dewasa C, Dewasa D, Dewasa E, dan Dewasa F (Klas Eksebisi), serta memperlombakan 6 (enam) kategori kejuaraan umum. Panitia Pada event kali ini merupakan Kolaborasi yang baik antara Dinas Pariwisata Kabupaten Bima, Polres Kabupaten Bima, dan PORDASI Kabupaten Bima yang dikomandani oleh Kapolres Kabupaten Bima AKBP Bagus S. Wibowo. S.I.K.


Serunya pacuan kuda tradisional Bima, Photo by +Fazlur Yudhi Rahman 
Lomba Pacuan Kuda Tradisional ini akan memperebutkan hadiah berupa 13 unit sepeda motor, 21 ekor sapi, 20 unit kulkas dua pintu serta 66 unit kulkas 1 pintu. Yang jelas, lomba pacuan kuda kali ini akan dilaksanakan sebaik mungkin da dikemas se-menarik mungkin sehingga memiliki daya tarik tersendiri terutama bagi para wisatawan, para penggemar pacuan kuda, para peternak kuda, pedagang kaki lima, para pengarajin kelengkapan kuda pacu serta masyarakat umum.

Event Pacuan Kuda ini diharapkan mampu menumbuhkembangkan ekonomi kreatif masyarakat Kabupaten Bima serta pelestarian budaya dalam rangka menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Bima, yang akhirnya bermuara pada peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat pada sektor yang mendukung Pariwisata.



Panitia berencana membuat stand-stand khusus bagi para pedagang kaki lima dan pengrajin kelengkapan kuda pacu agar mereka bisa menjual hasil karya nya sehingga dapat menumbuhkan geliat perekonomian masyarakat kelas bawah.


Joki cilik beraksi, Photo by +Fazlur Yudhi Rahman 
Pacuan kuda Bima sangatlah menarik karena diadakan secara tradisional dan dibedakan antara kuda lokal Bima dengan kuda sandelwood. Dan yang paling menarik untuk disaksikan adalah kelincahan dn kecekatan para joki cilik dalam mengendalikan kuda. Karena pacuan kuda di Bima khususnya dan di seluruh Pulau Sumbawa umumnya selalu menggunakan Joki-joki cilik yang nota bene berusia rata-rata 6 - 10 tahun.



Bagi para penggemar pacuan kuda dan bagi teman-teman yang ingin menyaksikan langsung keunikan pacuan kuda tradisional Bima serta ingin menyaksikan langsung kehebatan Joki cilik Pulau Sumbawa, segera catat dalam agenda anda event ini, dan event ini sangat recomended

Dan Pagi Para pemilik kuda pacu di NTB, NTT dan daerah-daerah lainnya yang berminat, segera daftarkan kuda anda. (Masykur Romeo/Adventure Zone)








9 komentar:

  1. Wah kesempatan langka hanya waktu saya yang kurang pas untuk berlabuh di bima. Rabu atau kamis hadapan saya musti menyebrang ke flores.

    BalasHapus
  2. Wah..... sayang sekali,,,, mungkin lain kali bisa mampir buat nonton

    BalasHapus
  3. Wah..... sayang sekali,,,, mungkin lain kali bisa mampir buat nonton

    BalasHapus
  4. MAJUTOTO
    Silahkan datang dan daftarkan diri anda sekarang juga..
    hanya di sini JP berapapun di bayar.
    discount 29%/59%/66%
    Banyak Promo Menanti Anda!
    * Minimal deposit 50.000 dapatkan bonus sampai dengan 100.000
    * Bonus Next Deposit 5%
    WA : +6282272437922
    LINE : @majutoto
    LINK ALTERNATIF : Jerukpurut.com

    BalasHapus
  5. sabung ayam online terbaik dan terpercaya

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7833311-khasiat-daging-kambing-untuk-ayam-bangkok-aduan

    http://bolavita.ultimatefreehost.in/gaya-pukulan-dada-mematikan-pada-ayam-bangkok-aduan/

    Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  6. Mantap x pacuan kuda Bima ini jgn sampai sia-siakan tradisi ini khusus daerah Bima dan sekitarnya!

    BalasHapus